Senin, 18 Februari 2013

Sepi, sunyi, senyap, menelikung hati - Kolaborasi : BR dan DA

Sepi, Sunyi, Senyap, Menelikung Hati
(sebuah kolaborasi)

- Diam membisu,
   aku bersembunyi, di punggung malam
   menaklukkan diri dari kepungan rindu

+ Lingkaran sepi telah membiusku
   tuk memaknai arti hidup
   segala tanyaku tak terjawab
   ketika segalanya telah bisu bungkam
   sedang senyumpun tak lagi ramah
   ,,,,,biarlah,,,,,

- Tersimpan tawa
   teredam senyum, saat teringat
   mengatai rasa saat merasa
   tak satupun rasa
   biar mimpi terhenti digenggaman

+ Ketika tawa hanya kiasan
   ketika senyum hanya hiasan
   kubur saja segala kenangan
   bersama mimpi-mimpi
   tanpa arti
   walau telah tertelikung hati
   biarlah hati merasai
   sepi ini indah adanya

- Mimpi,,,,,,
   selamanya utuh menjadi mimpi
   ketika tetap terdiam dan tak mau mengakui

   tak berani bicara

   sementara sekeping hati menunggu
   hanya demi satu kata

+ Saat satu kata tak pernah terucap
   hanya terwakilkan dalam sikap
 
   lalu,,,,terbacakah,,,,?

   tak perlu pula untuk dijawab
   biarlah hati yang merasai
   ketika goresan sakit hati telah melukai
   tetap saja indah adanya
 
   dan mimpi masih menggayut
   di langit pulasnya malam

- Kata mewakilkan kepastian
   lalu bagaimana membaca
   kalau semua hanya terlihat bayang-bayang
   tertutup awan kepekatan malam

+ Segalanya telah kusamarkan dalam kesengajaan
    tak kumau goreskan lagi, lagu sakit hati
    ketika kusadar bahwa hati telah mati rasa
    kebal sudah akan rasa sakit
    ,,,,biarlah,,,,,,tinggal melukis bayang-bayang

- Sengaja kusuguhkan perih
   agar hina diri tak diketahui
 
   kukemas sakit menjadi amarah
   agar tak terlihat lukaku yang memerah
   tak apa membenci
   tapi sesungguhnya tak benar-benar pergi dari hati

+ Perih ini tak lagi kurasa
   sakit ini sudah terbiasa
 
   nyanyi sunyi adalah keseharianku,,,,kini
   tembang kangen tak ada bermakna lagi
 
   walau bayang itu tak pernah hilang
   sama sekali,,,,,,dari ingatan

- Melupakan teramat sakit
   memiliki terlalu sulit

   pergilah,,,,,,
   tanpa bayangan
   tanpa luka karena kehilangan
 
   berlalulah,,,,,
   jangan mengikuti

   biarkan semua mimpi-mimpi

+ Ragamu taklah pernah teraba
   hanya dalam jiwamu aku merasa ada
   langkahku melangkah pergi
   mencoba untuk tak tinggalkan rasa sakit hati
   aku telah bosan untuk selalu menyakiti
   dan segala mimpi telah menepi
   pada dermaga jiwa yang sunyi

- Tak apa terlukai
   sakit ini masih kunikmati
 
   di sudut dermaga sunyi
   juga telah kutambatkan diriku

   erat,,,,,

   mungkin pada simpul yang salah
   aku mengikatkan hati

   apakah ini dimengerti,,,,,?

+ Ketika rajutan tali temali sudah indah terpilin rapi
    usahlah diurai kembali
    biarkan  hati tertambat sudah
    bukan salah hati tertambat
    indahnya kenangan biar rapi tersusun
    di relung hati

- Selama ini menjadi bodoh sendiri
   disini

   dengan rasa yang tak berbalas
   dipermainkan perasaan dan kata-kata
   yang membuat limbung kesadaran

   apa ini adil,,,,,?

   lalu keindahan apa yang harus dikenang,,,,?

+ Jangan pertanyakan keadilan
   ketika rasa pernah dipersatukan
   jika lelah menunggu jawaban
   dan ternyata sungguh menyakitkan

   indah itu hanya sementara dirasakan

+ Tak pernah terlihat jawaban
    untuk setiap pertanyaan

   selalu bungkam

   * untuk kali ini,,,,,,,,
      jawablah pertanyaan hati

- Ketika hendak mengucap kata pasti
   seperti apa kata hati yang menghendaki
   aku terbungkam rasa takut
   takut melukai,,,,
   kembali melukai dua hati
   yang sama-sama terluka

   karena luka itu adalah sulit terobati

+ Sekali saja,,,,
   aku ingin mendengarnya
 
   setelah itu,,,,,
   aku akan mengerti

   bahwa hatimu sudah dimiliki hati yang lain
   ,,,,,,begitu juga dengan aku
   lalu,,,,,
   biarlah kita sama-sama terluka

- Pernah berujar jujur,
  sakit terasa hati hancur

  perih menikmati luka hati
  satu kisah yang menyakitkan
  ketika gegabah dalam ucap

  sesungguhnya telah aku ingkari
  kata hati,,,,,,

+ Aku hanya butuh jawaban pasti
   jangan diam

   katakan,,,,,
   dan buatlah aku mengerti

   seperti aku membuatmu |
   mengerti

- Aku tak pernah mengungkap kata dalam ucap
  aku hanya biaskan dalam sikap
  harusnya terbaca sudah
  bahwa rasa ini masih ada
  senantiasa ada
  karena aku selalu ada

  terpaku adaku dalam sepinya jiwa,-


*     *    *

Posted and edited by : _budiri_

5 komentar: